Cara Registrasi Kartu Telkomsel

Cara Registrasi Kartu Telkomsel

Piscinedarfoboarioterme – Saat membeli kartu SIM baru, konsumen harus melakukan registrasi. Cara registrasi Telkomsel berikut ini dapat digunakan untuk registrasi kartu Simpati, Loop atau US. Pada dasarnya, langkah registrasi kartu SIM Telkomsel ditujukan untuk mendaftarkan identitas pelanggan. Pemerintah memerlukannya karena berbagai alasan.

Pertama, mencegah aksi terorisme. Pemerintah menjelaskan, mendaftarkan kartu SIM bisa mencegah aksi terorisme. Pasalnya, teroris kerap menggunakan kebebasannya untuk memverifikasi informasi pribadi pemilik kartu SIM. Poin kedua adalah mencegah penipuan.

Di era digital seperti saat ini, penyebaran berita palsu semakin marak. Jika pencatatan selesai, para scammer dapat ditemukan dengan cepat. Masalah lain termasuk dampak terhadap perekonomian nasional, pencegahan kejahatan, dll.

Penyedia layanan telekomunikasi Telkomsel selalu menganjurkan pengguna kartu prabayar baik itu Simpati, Kartu As atau kartu Loop, untuk mendaftar.

Pengguna diminta untuk tidak menunda pendaftaran Telkomsel Crush Card, American Cards atau Loops karena manfaatnya yang sangat besar. Hal terpenting adalah memberikan kenyamanan dan kemudahan penggunaan kepada pelanggan. Juga bagi klien untuk menghindari kejahatan dan pelecehan.

Ada tiga pilihan mudah untuk registrasi kartu SIMPATI Telkomsel, kartu as, dan kartu prabayar yang baru saja Anda beli. Pemerintah bersama dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 12/2016 mewajibkan pendaftaran pengguna kartu prabayar saat ini dan yang akan datang. Persyaratan ini untuk mengukuhkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Untuk mantan pelanggan Telkomsel, Anda juga harus melakukan registrasi ulang kartu Telkomsel Simpati, kartu ace atau loop.

Silahkan lihat cara daftar kartu naksir telkomsel sesuai kutipan situs resmi telkomsel:

1. Cara registrasi kartu Telkomsel melalui SMS

Pendaftaran kartu Telkomsel melalui SMS dilakukan oleh pengguna, cukup dengan memasukkan nomor dengan format: REG NIK # Nomor KK # lalu kirim ke nomor 4444. Contoh: REG 1234567890123456 # 3201060401130027 #. Prosedur ini diperuntukkan bagi pengguna baru kartu Telkomsel. Sedangkan untuk pelanggan lama Telkomsel, cara untuk melakukan registrasi kartu prabayar adalah dengan memasukkan format: ULANGNIK # Nomor KK # kemudian dikirimkan ke nomor 4444. Contoh: ULANG 1234567890123456 # 3201060401130027 #.

2. Cara registrasi kartu Telkomsel Simpati melalui Internet

Pengguna dapat melakukan registrasi kartu Telkomsel prabayar baru secara online di situs resmi https://www.telkomsel.com/daftar-ulang-prepaid. Selain itu, pengguna dapat memberikan nomor ponsel, nomor kartu keluarga, atau NIK. Setelah siap, pengguna bisa menekan tombol submit untuk menyelesaikan registrasi kartu Telkomsel.

3. Cara registrasi kartu Telkomsel Simpati di GraPARI virtual

Selama tidak bisa melalui fasilitas GraPARI terdekat, pengguna juga bisa membuka GraPari Telkomsel virtual melalui aplikasi instant messaging. Akun yang diberikan adalah akun Line di @Telkomsel, akun Telegram di @Telkomsel_official_bot, akun Facebook Messenger dengan akun @Telkomsel, dan layanan Tanya Veronika Asisten Virtual

Dengan bantuan digital assistant Veronica, pengguna akan diarahkan ke halaman registrasi Telkomsel. Jika Anda sudah memiliki aplikasi Telkomsel, Anda juga bisa masuk ke menu “Akun Saya”, geser ke bawah lalu pilih “Pendaftaran Prabayar”.

Pendaftaran nomor ponsel semata-mata dimaksudkan untuk melindungi konsumen dan memudahkan penyedia layanan untuk melakukan transaksi online dengan aman dan nyaman. Selain itu, pemerintah akan dengan mudah menindak penyalahgunaan nomor ponsel yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Berkat perkembangan tersebut diharapkan sektor telekomunikasi Indonesia di masa yang akan datang semakin terjamin dan fungsi serta layanan yang diberikan kepada konsumen semakin meningkat.

Diantara kendala yang sering dikeluhkan saat melakukan registrasi kartu SIM prabayar adalah ketidaksesuaian antara nomor PESEL dengan nomor Kartu Keluarga (KK) pengguna ponsel. Namun, saat menyerahkannya ke operator seluler, banyak pelanggan tidak mendapatkan solusi yang memuaskan.

Misalnya, mereka diminta langsung ke kantor Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dalam hal ini, pemerintah akhirnya membentuk Help Desk di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Tersedia tiga nomor telepon, yaitu 081520900999, 081294039738 dan 0811161653.

Beberapa masalah utama terkait NIK dan CC dapat dirujuk langsung ke help desk. Sebelumnya, pelanggan yang mengalami kendala NIK dan KK disarankan untuk melapor ke outlet resmi operator seluler agar dapat melakukan registrasi secara manual. Persyaratan yang harus dipenuhi nasabah antara lain NIK dan KK asli.

Namun, masih ada yang mengeluh jika jaringan seluler tidak memberikan hasil terbaik. Pelanggan diminta datang langsung ke kantor Direktorat Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, yang tentunya cukup memalukan bagi sebagian orang.

Klien yang dibatasi biasanya menerima pemberitahuan kesalahan yang mengatakan “Batas pendaftaran maksimum terlampaui. Koreksi atau laporkan status NIK dan NO_KK ke DUKCAPIL ”. Hal itu terjadi saat SMS pendaftaran ke 4444 dikirim. Masalah ini membuat banyak pelanggan seluler enggan dan mereka selalu menunda pendaftaran kartu SIM prabayar meski telah melewati batas waktu yang ditetapkan pemerintah.

Terkait batas waktu pendaftaran, 30 April 2018. Terhitung mulai 1 Mei 2018, kartu SIM prabayar yang belum didaftarkan akan diblokir seluruhnya. Jika pengguna ingin kunci dibuka, dia harus pergi langsung ke situs resminya, dia tidak lagi dapat mengirim pendaftaran online atau SMS pendaftaran.