Perbedaan Notebook dan Laptop

5 Perbedaan Notebook dan Laptop

Piscinedarfoboarioterme –┬áTahukah Anda bahwa laptop atau notebook sebenarnya adalah dua perangkat, sama tetapi berbeda? Tahukah Anda bahwa ada varian lain yang serupa tetapi lebih kecil yang disebut netbook? Daripada tersesat dalam jawabannya, lebih baik kita melihat laptop, notebook, dan netbook.

Munculnya istilah laptop dan netbook membuat bingung banyak orang, apa perbedaan keduanya? Kenapa ada dua istilah yang bisa disebut dengan namanya, yaitu portable atau portable? Untuk menjawab kedua pertanyaan tersebut, mari kita lihat pembahasan Mabtekno.com mengenai perbedaan laptop dan netbook di bawah ini.

1. Dimensi layar

Ukuran layar adalah pembeda terbaik yang ditampilkan oleh komputer laptop yang disebut laptop atau netbook. Laptop yang memiliki dimensi layar 12 hingga 17 inci umumnya disebut sebagai laptop. Sedangkan laptop dengan dimensi layar 7-11 inci disebut netbook.

Dengan munculnya smartphone dan tablet, popularitas netbook dengan layar kecil menurun. Kini tidak ada lagi netbook dengan ukuran layar 7-10 inci.

Kini yang disebut netbook adalah laptop dengan dimensi layar 10-12 inci. Sementara perangkat dengan layar 10 inci atau kurang biasanya ditemukan di tablet, mereka sekarang dapat menggantikan netbook karena adanya keyboard.

2. Berat

Karena netbook memiliki dimensi layar yang lebih kecil, bobotnya relatif lebih ringan dibandingkan laptop. Netbook dirancang lebih kecil dan oleh karena itu lebih mudah untuk dibawa karena biasanya beratnya kurang dari 2 kilogram.

Laptop memang ringan, tapi tidak seringan netbook. Hanya saja akhir-akhir ini banyak laptop dengan layar berukuran 12 inci atau lebih yang memiliki desain yang ramping dan bobot yang ringan. Pertanyaan tentang berat sebenarnya relatif karena sekarang ada laptop yang beratnya kurang dari 2 kilogram.

3. Kehadiran DVD

DVD Kheadiran adalah salah satu perbedaan antara laptop dan netbook. Laptop biasanya dilengkapi dengan DVD. Dimensi laptop yang luas memungkinkan untuk pemutar DVD atau DVD. Netbook tidak memiliki slot DVD karena desainnya yang kecil.

Padahal, seiring kemajuan teknologi, kehadiran DVD di laptop bukanlah yang utama. Karena laptop sekarang umumnya dilengkapi dengan baik dan DVD dapat ditambahkan sendiri jika Anda perlu menggunakan DVD eksternal. Namun, masih banyak laptop yang menawarkan slot DVD.

4. Prosesor

Perbedaan antara laptop dan netbook lainnya terletak pada prosesornya. Netbook adalah laptop yang biasanya menggunakan prosesor low-end. Prosesornya bahkan cukup lambat jika Anda menggunakan netbook yang kokoh.

Menggunakan prosesor kelas bawah dikatakan lebih hemat daya karena netbook biasanya dibawa kemana-mana dan biasanya hanya digunakan untuk berselancar di internet dan mengetik ringan.

Laptop memiliki prosesor mulai dari kelas bawah hingga kelas atas. Laptop dengan prosesor low-end biasanya digunakan untuk kebutuhan dasar seperti menulis, menonton film, browsing, dan mengedit foto dalam kondisi minim cahaya.

Laptop yang menggunakan prosesor kelas atas biasanya digunakan untuk pekerjaan tugas berat dan bermain game. Inilah mengapa muncul istilah khusus untuk laptop di kelas ini, yaitu laptop kelas atas dan laptop gaming.

5. RAM

Netbook, saat pertama kali muncul (sekitar 2007-2008), hadir dengan RAM 512MB hingga 1GB. Nah, penjual yang memproduksi netbook biasanya hanya menyediakan RAM sebesar 2 GB. Namun untuk saat ini, RAM 2GB terasa kurang, terutama untuk sistem operasi seperti Windows 10.

Asus merupakan salah satu merek yang masih memperkenalkan netbook dengan RAM 2 GB melalui seri E202. Ada juga netbook dengan RAM lebih besar, yaitu seri E203 yang hadir dengan RAM 4 GB.

Sisanya tidak datang dengan netbook dengan RAM lebih dari 4 GB. Paling banter, biasanya laptop 12 inci dengan desain lebih kecil dan tergolong kelas premium. Sedangkan laptop hadir dengan berbagai varian RAM, mulai dari RAM 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, dan bahkan hingga 32 GB.