Sejarah Musik Pop

Jual drumband SD – Menurut definisi, musik pop adalah genre musik populer yang berakar pada bentuk modernnya di Amerika Serikat dan Inggris Raya pada pertengahan 1950-an.

Meskipun banyak genre musik yang muncul di tangga lagu sering dianggap musik pop, musik pop sebenarnya adalah genre itu sendiri yang dapat dibedakan dari musik di tangga lagu.

Musik pop sering meminjam elemen dari gaya lain seperti urban, dance, rock, latin dan country. Meski begitu, ada beberapa elemen dasar yang menjadi ciri khas genre musik pop.

David dan Stephen Millward mendefinisikan musik pop sebagai tubuh musik yang dibedakan dari musik populer, jazz, dan musik rakyat. Musik pop, menurut Pete Seeger, adalah musik profesional yang mengacu pada musik rakyat dan musik artistik.

Musik pop juga sering disebut sebagai musik chart rekaman, namun nyatanya jenis musik ini bukan hanya musik chart saja. Tangga musik biasanya berisi lagu-lagu dari berbagai genre, antara lain lagu klasik, jazz, rock, dan pendek. Sebagai genre independen, musik pop lahir dan dikembangkan secara mandiri.

Menurut situs The New Grove Dictionary of Music and Musicians, istilah “musik pop” berasal dari Inggris pada pertengahan 1950-an untuk merujuk pada rock and roll dan gaya baru musik remaja. Sementara itu, Oxford Dictionary of Music menyatakan bahwa pop berarti sejak dini berarti konser menarik bagi banyak orang.

Namun, pop memiliki arti khusus dalam musik non klasik, biasanya berupa lagu-lagu yang dirilis pertama kali oleh artis musik seperti The Beatles, The Rolling Stones, ABBA, dll.

Grove Music Online juga menyatakan: “… pada awal 1960-an, (istilah) ‘musik pop’ bersaing dalam terminologi dengan musik beat (di Inggris), sedangkan di AS cakupannya tumpang tindih dengan rock and roll (seperti yang selalu terjadi). . ”

Musik pop muncul dan berkembang di Amerika Serikat pada tahun 1920 dengan rekaman pertama berdasarkan penemuan Thomas Edison pada tahun 1890 di Amerika Serikat.

Dimulai dengan musik Ragtime, musik Amerika yang dipengaruhi oleh etnis Afrika-Amerika dan musik klasik Eropa. Musik ini mulai dikenal di Amerika sekitar tahun 1890 hingga 1920. Karakter musiknya bertempo cepat dan ritme yang didominasi sinkop, meski ada juga yang lambat.

Pengamat seni rupa Lawrence Alloway mulai memperkenalkan istilah pop yang terinspirasi dari pergerakan seni rupa di Amerika dan Inggris. Musik pop mulai dikenal di Amerika Latin pada tahun 1920-an sebagai musik pengiring tarian tango yang menggunakan tangga nada minor dan melankolis.

Dari 1920 hingga 1940, musik pop menjadi salah satu musik yang paling digemari di seluruh dunia, yang pada saat itu memiliki irama seperti Rhumba, Samba, Conga, Salsa, Mambo dan lain-lain. Musik pop terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan tidak pernah pudar dari waktu ke waktu karena sifatnya yang mudah didengarkan.