Tips dan Cara Membuat Karangan Bunga Papan

Tips dan Cara Membuat Karangan Bunga Papan

Piscinedarfoboarioterme –┬áKarangan bunga papan sering dijumpai dalam acara-acara seperti pernikahan, duka cita, peresmian gedung, ulang tahun dan lain-lain. Hal itu dikarenakan karangan bunga papan dijadikan sebagai sarana untuk menunjukkan atau mewakili perasaan atau simpati seseorang terhadap orang lain. Biasanya, seseorang akan memesan dan membeli karangan bunga papan di toko bunga atau Florist terdekat, karena alasan lebih praktis dan memiliki pengalaman dalam pembuatannya serta memiliki peralatan dan bahan yang dibutuhkan. Namun, jika kalian ingin mencoba membuat karangan bunga papan di rumah, berikut adalah tata cara atau panduannya!

1. Buatlah Konsep atau Tema

Pastikan kalian memiliki konsep atau tema mengenai rangkaian bunga papan terlebih dahulu. Buatlah detail mengenai warna, bentuk, huruf, ukuran hingga jenis bunga serta warnanya yang akan digunakan dan sesuaikan dengan jenis acara yang digelar. Hal ini, akan mempermudah kalian dalam proses pembuatan karangan bunga papan.

2. Sediakan Alat dan Bahan

  • Bunga dan Daun Segar, sebagai bahan utama untuk memperhias tampilan papan.
  • Kayu atau Bambu, berfungsi sebagai kaki-kaki papan dan membuat rangka papan untuk menempelkan styrofoam.
  • Styrofoam, berfungsi sebagai media untuk menancapkan atau menempelkan bunga dan daun.
  • Kawat, berfungsi sebagai alat untuk mengikat kayu atau bambu agar tidak mudah lepas.
  • Pelapis Styrofoam
  • Cat, berfungsi sebagai pewarna dalam proses mewarnai papan.
  • Kain, berfungsi sebagai pelapis styrofoam.
  • Pensil atau Benang, berfungsi sebagai alat untuk pembuatan pola tulisan pada papan (Styrofoam).
  • Jarum Pentol atau Paku, berfungsi sebagai alat untuk menempelkan bunga atau daun pada papan (Styrofoam).
  • Gunting atau Cutter, berfungsi untuk memotong bunga, daun dan styrofoam agar sesuai dengan bentuk serta ukuran yang diinginkan.
  • Gergaji atau Alat Pemotong Lain, berfungsi untuk memotong kayu atau bambu agar sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

3. Cara Pembuatan Karangan Bunga Papan

  1. Potonglah kayu atau bambu sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan dalam konsep. Setelah itu, rangkailah kayu atau bambu membentuk persegi panjang dan ikatlah di keempat ujungnya dengan kawat. Pastikan ikatan tersebut benar-benar kuat, untuk menghindari kerusakan. Pada umunya, karangan bunga papan berukuran 2×1.25m, 2×1.5m, 2×1.8m dan 2x2m.
  2. Siapkanlah Styrofoam dan bentuklah menjadi persegi panjang hingga membentuk dan berukuran sama dengan ukuran kayu atau bambu yang telah dibentuk. Setelah itu, pasangkanlah pada papan tersebut dengan hati-hati menggunakan kawat.
  3. Warnailah styrofoam dengan cat, pastikan warna sesuai dengan konsep yang telah ditentukan. Kemudian, jemur di bawah sinar matahari hingga kering. Atau kalian dapat menggunakan kain dengan warna yang sesuai untuk menutupi styrofoam.
  4. Buatlah hiasan di sekeliling papan hingga membentuk bingkai yang indah. Kalian dapat memanfaatkan potongan-potongan styrofoam dengan mewarnai dan menempelkannya pada papan.
  5. Buatlah pola tulisan menggunakan pensil atau benang. Setelah itu, susunlah bunga dan daun pada pola yang telah dibuat dengan hati-hati hingga tersusun dan menutupi seluruh bagian polanya. Dalam penyusunan bunga dan daun, gunakanlah jarum pentol atau paku untuk menancapkannya pada permukaan styrofoam.
  6. Setelah itu, potonglah kayu atau bambu untuk membuat kaki-kaki papan dengan membentuknya menyerupai piramid dengan mengikatkannya menggunakan kawat.
  7. Karangan bunga papan siap untuk digunakan.

Itulah, cara serta tips membuat karangan bunga papan sendiri di rumah. Namun, jika kalian merasa kesulitan dalam proses pembuatannya. Alangkah baiknya, gunakanlah jasa pembuatan karangan bunga papan di Aliciaflorist. Aliciaflorist menawarkan berbagai macam karangan bunga papan dan lain-lainnya serta penawaran-penawaran yang menarik. Untuk lebih lanjut, silakan kunjungi situs resminya di www.aliciaflorist.com atau dapat menghubungi melalui aplikasi Whatsapp di nomor 0812-3454-0602.

Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih!